Pemkot Kotamobagu Bekerja Sama Dengan Bank SulutGo Laksanakan Sosialisasi, Implementasi dan Presentasi Transaksi Online Sistem.
Diposting pada : 07 April 2021 / Dilihat : 99

Pemerintah Kota Kotamobagu bersama Bank SulutGo dan BPKP perwakilan Provinsi Sulawesi Utara terus memantapkan pelaksanaan penatausahaan keuangan serta perbaikan pelaksanaan transaksi keuangan secara online. Bertempat di aula rapat kantor BPKD Kota Kotamobagu, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi, Implementasi dan Presentasi Transaksi Online Sistem pada hari Rabu, 07 April 2021.

Dalam sambutannya, Kepala BPKD Kota Kotamobagu, Pra Sugiarto Yunus menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani sebelumnya. "Hal ini merupakan tindak lanjut terhadap MOU yang sudah ditandatangani antara Walikota Kotamobagu, Direktur BSG dan Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Utara” terang, Kepala BPKD Kota Kotamobagu.

MoU tersebut sudah ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala BPKD Kota Kotamobagu dengan Kepala Perwakilan BPKP dan Pimpinan Cabang BSG Kotamobagu. Selanjutnya hari ini ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan sosialisasi serta implementasi dalam rangka transaksi keuangan dengan system online di Pemerintah Kota Kotamobagu. "Hari ini dilaksanakan sosialisasi terkait dengan aplikasi yang disediakan oleh BSG berupa Kasda Online, di mana dengan adanya aplikasi ini seluruh transaksi oleh Pemerintah Kota Kotamobagu dapat dilaksanakan oleh ASN di Bidang Perbendaharaan BPKD yang ditugaskan berdasarkan Keputusan Walikota untuk melaksanakan transaksi” lanjut Kepala BPKD Kota Kotamobagu.

Dengan Kasda Online ini maka proses pemindahbukuan ke rekening Bendahara ataupun Pihak Ketiga dapat langsung dilaksanakan oleh BPKD. Ke depannya sistem ini juga akan diterapkan kepada OPD di mana pemindahbukuan dari rekening Bendahara Pengeluaran dapat dilaksanakan langsung oleh Bendahara SKPD, tentunya berdasarkan SP2D yang sudah diterbitkan oleh BUD.

"Dengan implementasi Kasda Online ini diharapkan dapat lebih mempercepat pelaksanaan pelayanan transaksi dari Kas Bendahara Umum Daerah maupun Kas Bendahara Pengeluaran" tutup Kepala BPKD Kotamobagu.

 

 

BPKD Kota Kotamobagu, 2021.