Walikota Kotamobagu Serahkan Program Bantuan Anak Asuh Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2020.
Diposting pada : 23 Desember 2020 / Dilihat : 69

Pemerintah Kota Kotamobagu kembali menyalurkan Program Bantuan Anak Asuh bagi siswa SD, SMP, SMA dan Mahasiswa pada hari Rabu (23/12/2020). Penyerahan bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Walikota berharap agar bantuan anak asuh bisa dimanfaatkan dengan tepat dan maksimal oleh para penerima. “Saya berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan betul oleh adik-adik sekalian dan juga dapat meningkatkan semangat belajar meski di tengah pandemi,” ujar Walikota.

Walikota menambahkan, program bantuan anak asuh merupakan satu-satunya anggaran pemerintah daerah yang tidak pernah disentuh untuk digeser anggarannya dalam penanganan pandemi Covid-19 ketika pandemi ini melanda Indonesia hingga ke Kota Kotamobagu.

"Satu-satunya anggaran daerah yang tidak pernah disentuh ini adalah bantuan anak asuh. Saat recofusing anggaran, sebagian besar disentuh untuk fokus untuk pengurangan untuk dialihkan ke penanganan Covid-19, tetapi saya katakan untuk anak sekolah tidak boleh, sebab pendidikan adalah yang utama” lanjut Walikota.

Sementara itu, dalam laporan pelaksanaan kegiatan yang dibawakan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Kotamobagu, Pra Sugiarto Yunus, mengatakan bahwa terdapat sekitar 3000 lebih siswa yang tersentuh dengan program bantuan anak asuh, juga terdapat sekitar 400 lebih mahasiswa di Kota Kotamobagu ikut mendapatkan bantuan dari program anak asuh Pemerintah Kota Kotamobagu.

“Rinician untuk siswa SD sebanyak 1508 siswa yang masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp.1.000.000,-/siswa. Untuk tingkat SMP sebanyak 943 siswa dengan nominal Rp.1.500.000,-/siswa, dan untuk tingkat SMA sebanyak 856 siswa dengan nominal Rp.1.700.000,-/siswa. Untuk mahasiswa di Kelurahan sebanyak 315 mahasiswa dengan nominal bantuan sebesar Rp.3.450.000,-/mahasiswa, dan juga untuk mahasiswa di Desa sebanyak 150 mahasiwa dengan nominal bantuan yang sama yakni sebesar Rp.3.450.000,-/mahasiswa” jelas Kepala BPKD Kotamobagu.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan program bantuan anak asuh antara lain Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Pimpinan Bank BRI Cabang Kotamobagu, Kepala SKPD se-Kota Kotamobagu, para Siswa dan Mahasiswa penerima bantuan secara simbolis, serta Tim BPKD Kota Kotamobagu yang mengelola Program Bantuan Anak Asuh tahun anggaran 2020.