Pemerintah Kota Kotamobagu Gelar Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Daerah Dari Dana Perimbangan
Diposting pada : 17 Desember 2020 / Dilihat : 68

Pemerintah Kota Kotamobagu menggelar Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Daerah Yang Bersumber Dari Dana Perimbangan, Kamis (17/12/2020) bertempat di Ballroom Sutan Raja Hotel, Kotamobagu. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan, SH.

Dalam sambutannya, Wawali mengatakan bahwa keberhasilan menyusun data yang valid merupakan kunci utama suksesnya pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.

“Pemerintah Kota Kotamobagu mulai tahun 2020 melakukan pendekatan yang realistis dengan mensinergikan data antara pusat dengan daerah dalam rangka untuk proyeksikan kebutuhan riil belanja daerah yang disandingkan dengan data perolehan kondisi faktual pemerintah daerah dengan hasil observasi pusat” terang Wawali.

Wawali melanjutkan, pentingnya data dalam menunjang urusan pemerintahan sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan hari ini adalah untuk melaporkan sinergitas tataran lokal terkait dengan pengambilan data, variabel dan metode analisa data dalam rangka optimalisasi dana perimbangan pada Pemerintah Kota Kotamobagu”. jelasnya.

“Dengan adanya sinergitas terkait dengan ketiga hal tersebut, maka akan tersusun dokumen inventarisasi dan integritasi data dasar pemenuhan variabel data dan indikator di bidang dana perimbangan keuangan pada Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu” lanjut Wawali.

Diakhir sambutannya, Wawali menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dari Kementrian Dalam Negeri RI, yang bersedia hadir untuk menyampaikan materi pada kegiatan, serta memberikan himbauan kepada para peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

"Mengingat pentingnya sosialisasi hari ini maka saya menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius sehingga apa yang akan disampaikan oleh narasumber akan dapat dimengerti, dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," tutup Wawali.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Drs. Sofyan Maradjabessy, M.Si selaku Kasudit Fasilitasi Dana Bagi Hasil dan Alokasi Dana Umum, Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kegiatan dihadiri juga oleh para Assisten Setda Kota Kotamobagu, Kepala BPS Kota Kotamobagu, Pimpinan OPD se-Kota Kotamobagu dan Para Kasubag Program sebagai peserta kegiatan.

 

BPKD Kota Kotamobagu, 2020.