BPKD Kota Kotamobagu Terima Kunjungan BPKPD Kota Tomohon
Diposting pada : 11 Desember 2020 / Dilihat : 76

Kewajiban menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) mulai tahun 2021, mengharuskan setiap daerah mengaplikasikan SIPD dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran APBD. Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon dalam kunjungannya ke BPKD Kota Kotamobagu, Jumat (11/12/2020) menitikberatkan diskusi dan sharing dalam pengimplementasian SIPD dalam perencanaan dan penganggaran APBD di Kota Kotamobagu.

Kepala Bidang Anggaran BPKD Kota Kotamobagu, Gresly R. Mamelo, S.Kom, M.S.A menyatakan bahwa Kota Kotamobagu sudah mengimplementasikan SIPD dalam perencanaan dan penganggaran dalam APBD Kota Kotamobagu Tahun  Anggaran 2021 sejak beberapa bulan terakhir. “Implementasinya sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan terakhir, karena setiap daerah memang sudah diwajibkan menggunakan SIPD dalam perencanaan dan penganggaran APBD untuk tahun 2021.” terangnya.

Dalam kunjungan kerjanya, BPKPD Kota Tomohon juga membahas mengenai masalah-masalah yang ditemui dalam impelementasi SIPD. Kepala Bidang Anggaran BPKD Kota Kotamobagu melanjutkan, beberapa masalah yang ditemui dalam implementasi SIPD lebih kepada proses adaptasi terhadap sistem yang baru ini, karena SIPD sangat berbeda dengan sistem penyusunan perencanaan dan penganggaran APBD yang lama. “Butuh waktu untuk beradaptasi dengan sistem yang baru (SIPD), terlebih bagi pengelola anggaran dimasing-masing SKPD, karena sistem yang baru ini (SIPD) sangat berbeda dengan sistem yang lama (SIMDA). Namun saat ini semua SKPD di Kota Kotamobagu sudah beradaptasi dan sudah bisa menjalankan SIPD dengan baik dalam penyusunan, perencanaan dan penganggaran di masing-masing SKPD.” tutupnya.

Kunjungan BPKPD Kota Tomohon ditutup dengan ucapan terima kasih dari Kepala BPKPD Kota Tomohon, Drs. Gerardus E. Mogi yang sekaligus menjadi pimpinan tim, dengan harapan ke depannya BPKD Kota Kotamobagu dan BPKPD Kota Tomohon dapat saling sharing informasi dan silaturahmi, terutama dalam hal impelementasi sistem pengelolaan keuangan dimasing-masing daerah.

 

BPKD Kota Kotamobagu, 2020.